Wednesday 20 January 2016

Cara Membatasi Pemakaian Kuota Internet Android



Halo gan,pada kesempatan kali ini saya akan memberikan kalian tips cara membatasi pemakaian kouta internet pada android anda.

Sudah sepantasnya memang sebuah smartphone dibekali dengan koneksi internet agar dapat menjalankan berbagai fiturnya dengan baik.Cukup banyak orang awam yang mengeluh tentang pulsa di perangkat Android yang cepat habis.Padahal itu karena mereka tidak menggunakan paket data internet, sedangkan perangkat Android selalu membutuhkan koneksi internet sehingga pulsa mereka pun tersedot karena aktifitas online dari smartphone itu sendiri.Hal ini sudah pernah saya bahas pada posting mengapa Android boros pulsa.

Jadi memang penggunaan paket data internet pada smartphone adalah wajib. Namun terkadang pulsa yang kita miliki tetap akan tersedot meskipun kita sudah menggunakan paket data internet. Hal ini biasa dialami oleh mereka yang menggunakan paket berdasarkan kuota (bukan unlimited) sehingga saat kuota internet pada smartphone mereka habis.

secara otomatis pulsa mereka akan tersedot.Hal ini tentu sangat merugikan bukan? Namun bagi anda pengguna perangkat Android versi 4.0 ke atas tidak perlu khawatir lagi, karena ada sebuah fitur bawaan pada Android yang memungkinkan kita untuk membatasi pemakaian kuota internet.

Jadi,ketika penggunaan data telah mencapai volume tertentu (yang sudah kita setting sesuai keinginan sebelumnya), perangkat akan menonaktifkan penggunaan data secara otomatis. Sehingga pulsa yang anda miliki akan aman dan tidak tersedot, dengan catatan anda tidak akan bisa melakukan aktifitas online sebelum anda men-setting ulang pembatasan tersebut. Nah pada posting kali ini,Saya akan memberikan sedikit tutorial tentang cara membatasi pemakaian kuota internet di Android. Berikut langkah - langkahnya :

1. Masuk Ke Setting Lalu Pilih Data Usage
Seteleh anda masuk ke setting maka tampilannya seperti gambar di bawah,Tulisan yang berwarna orange (pada contoh) tertulis 4.0 GB warning. Itu adalah batas dimana anda akan diingatkan jika penggunaan data telah mencapai volume 4 GB. Anda bisa mengaturnya sesuai keinginan anda.


2. Jika Anda Memakai Paket Internet Bulanan
Anda bisa mengatur tanggal pemakaian data tiap bulannya. Misalkan anda membeli paket pada tanggal 23, maka setting lah tanggal pada data usage cycle pada angka 23 juga.


Pilih change cycle untuk memilih tanggal,lalu akan muncul menu seperti pada gambar dibawah ini.


Setelah memilih tanggal,klik set.

3. Membatasi Penggunaan Internet
Pada menu awal Data Usagepilihlah Set Mobile Data Limit.Lalu akan muncul menu popup seperti gambar dibawah ini.


4. Tentukan Batas Volume Data Yang Anda Inginkan
Pada tulisan berwarna merah (yang ditunjuk oleh panah) adalah batas dimana penggunaan internet akan dimatikan.Sedangkan tulisan berwarna orange adalah dimana anda akan diingatkan ketika penggunaan data sudah mendekati batasnya,sebelum mencapai limit atau batas yang anda tentukan tadi.


Pastikan anda mensetting limit sesuai dengan besaran kuota bulanan yang anda miliki.Misalnya anda memiliki kuota sebesar 800 MB,maka settinglah limit pada angka 800 MB, dan warning pada angka sebelumnya (misalnya 700 MB).


Mudahkan cara membatasi pemakain kouta internet di android,semoga anda yang sedang mencoba membatasi pemakaian kouta internet anda dapat berhasil tanpa kendala apapun.Sekian tentang tutorial tentang Cara Membatasi Pemakaian Kuota Internet Android.

Artikel Terkait

Cara Membatasi Pemakaian Kuota Internet Android
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email